Cermin Positif



Mengkritik itu mudah, karena melihat kesalahan orang lain itu gampang. Namun kritik yang didasari oleh mencari-cari kesalahan orang lain tak mungkin dapat mempermudah keadaan.Kita tak perlu menghabiskan waktu dan tenaga kita untuk menilai apakah oranglain telah berbuat salah atau benar.Karena itu sangat mudah !

Yang sulit adalah melihat kesalahan diri kita sendiri. Waspadailah bila kita begitu pandai mengkritik. Jangan-jangan kita tak mampu lagi melihat kebenaran.Dan sebuta-butanya orang ialah mereka yang tak bisa menangkap cahaya kebenaran.

Sekali kita gembira bisa menemukan sebutir debu kesalahan orang lain, kita tergoda untuk mendapatkan yang sebesar kerikil. Begitu seterusnya, hingga tanpa sadar kita telah menciptakan gunung kesalahan orang.Orang tak pernah suka berkaca pada cermin yang memantulkan kekurangan wajahnya.

Maka dari itu janganlah kita menjadi bayangan atas kesalahan orang lain. Bantulah mereka menemukan sisi positif diri mereka. Di saat itu pula orang lain akan memantulkan sisi baik kita sendiri.

sumber dari http://indoforum.org/ by lauzart
Category:

0 komentar: