Pentingya persahabatan


Teman itu penting. Sedikit sekali hal dalam kehidupan yang lebih penting daripada orang-orang yang kita sebut sebagai teman kita. Mereka adalah orang-orang yang membantu kita untuk maju dan harus kita bantu sebagai balasannya. Oleh karena persahabatan adalah pilihan yang kita tentukan sacara sadar, maka persahabatan lebih sulit diciptakan dari hubungan keluarga dan tidak jarang dapat lebih bernilai.


Confusius berkata :
Kalau kita hidup dengan orang baik, tak berapa lama kita akan menyadari bahwa dia telah mengubah kita menjadi lebih baik. Sama seperti kita masuk ke ruangan yang penuh anggrek, tak berapa lama kita akan menyadari keharumannya.


Kalau kita hidup dengan orang jahat, tak berapa lama kita akan menyadari bahwa dia telah mengubah kita menjadi lebih buruk. Sama seperti kita masuk ke pasar ikan, tak berapa lama kita akan menyadari betapa baunya pasar itu.


Ketika kita memiliki teman-teman baik, kita harus selalu mencoba untuk menghargai apa pun yang mereka lakukan untuk kita, dan jangan pernah melupakan apa yang sudah kita peroleh dari mereka. Pada saat yang sama, jangan bersikap bodoh dalam mencari teman. Dunia ini penuh dengan berbagai jenis manusia, dan banyak di antaranya yang tidak baik.
Jika ada teman yang mendorong kita melanggar sila, lebih baik mencari teman baru. Kita harus mengerahkan semua kemampuan kita untuk meonolong orang lain, tetapi jika kehadiran mereka menyebabkan akibat buruk bagi kita, kita harus sadar bahwa hubungan ini tidak sehat dan mungkin akan lebih jika kita berakhir atau paling tidak mengurangi intensitasnya. Teman sangatlah penting bagi pertumbuhan dan perkembangan kita, oleh sebab itu kita harus leatih kehati-hatian dalam memilih teman.

Nilai teman baik
Dalam Sutra Sigalovada dikatakan bahwa teman baik memiliki empat sifat dasar :
1.Jika mereka melihat kita berbuat salah , mereka akan mengingatkan kita
2.Mereka baik kepada kita
3.Mereka senang membantu orang lain
4.Mereka tidak meninggalkan kita ketika sedang dibutuhkan

Empat hal diatas cukup penting ; mereka mengungkapkan sifat paling mendasar yang penting bukan hanya untuk persahabatan, tetapi juga untuk kemajuan kita di dalam Dhamma.
Kapanpun kita menemukan teman yang sesuai dengan ciri-ciri di atas, kita harus menghargai mereka dan membalas kebaikannya dalam setiap kesempatan Teman seperti ini akan membawa banyak kebajikan bagi kita. Mereka akan membantu kita maju lebih cepat dibandngkan dengan hal apapun di dunia ini,

Tidak perlu dikatakan bahwa semua umat Buddha harus berusaha keras untuk menjadi teman seperti yang dijelaskan di atas bagi orang lain. Sutta Abhiniskramana menyebutkan, “ jika kita mencelupkan tangan kita di dalam kemenyan kayu garu, dalam sekejap tangan kita akan menjadi harum ; melewatkan waktu dengan orang baik adalah sama seperti itu.

Bahaya teman yang jahat
Sutra Sugalovada menyebutkan empat jenis dasar orang yag termasuk teman yang jahat :

1.Teman yang serakah atau menakuti-nakuti untuk menipu kita
2.Teman yang menggunakan sanjungan untuk mendapatkan apa yang mereka
3.Teman yang menggunakan samaran kehormatan untuk menyanjung kita
4.Teman yang tujuan persahabatan bagi dirinya hanya mencari kesenangan


Jika anda merasa sering berhubungan dengan orang semacam ini, Anda harus menjaga diri dengan menjaga jarak bila Anda merasa kecenderungannya makin menjadi-jadi. Pengaruh yang paling kuat di dalam kehidupan datang dari orang-orang yang sering berhubungan dengan kita. Pada saat yang bersamaan, kita harus memastikan bahwa kita melewatkan waktu bersama dengan orang yang membawa pengaruh baik. Hidup ini terlalu singkat untuk dihabiskan dengan emosi rendah yang ditawarkan oleh dunia kepada kita.
Category:

0 komentar: