Perayaan Hari Kathina 2511 BE/2007



Saudara-saudari Se- Dhamma yang berbahagia, Pada tanggal 18 November 2007 kami dari UKM Kerohaniaan Buddha bersama mahasiswa/I UIB yang beragama buddha ikut merayakan salah satu hari besar agama Buddha yaitu Hari Kathina 2551 BE/ 2007. Pada acara ini dihadiri oleh 152 mahasiswa/I UIB beserta dosen-dosen agama Buddha. Dan pada acara tersebut dihadiri oleh 3 perwakilan Sangha dari Sangha Agung Indonesia yaitu Bhante Dharma Sumanggalo, Bhante Vuddikho, Bhante Nyananando.

Pembukaan diawali dengan kata sambutan dari Bapak Teddy Jurnali yang menjabat sebagai Pembantu rektor I Universitas Internasional Batam. Dan dilanjutkan Persembahan altar yang dibawakan oleh sejumlah mahasiswa/i UKM Buddha. Barang-barang persembahan terdiri dari lilin yang melambangkan penerangan (Harapan), air melambangkan kesucian , Dupa melambangkan harumnya kebaikan , Bunga melambangkan anicca (Ketidak kekalan), dan Buah melambangkan buah karma. Setelah itu, dilanjutkan Penyalaan lilin panca warna dan dupa oleh Bhikkhu Sangha.


Acara selanjutnya adalah pembacaan paritta suci yang dibawakan oleh pemimpin kebaktian. Kemudian dilanjutkan meditasi sejenak untuk merenungkan makna dari hari Kathina. Setelah itu, pemberian Dhammadesana oleh Bhante Dharma Sumanggalo. Selanjutnya serangkaian nyayian lagu Buddhis yang dibawakan oleh Panduan Suara UKM Buddha . Puncak perayaan hari kathina ini, yaitu Sangha Dana. Dimana Makna dari hari kathina yaitu berdana kepada Sangha. Mahasiswa/i secara bergiliran berdana kepada Sangha berupa Jubah, obat-obatan, maupun keperluan sehari-hari. Penutupan acara ini diakhiri dengan pemberkahan air suci kepada setiap peserta yang menghadiri acara tersebut.

0 komentar: